Selamat Datang di KAWASAN AREMANIA

Kamis, 08 Mei 2008

Lebih Cepat Dari Bugatti Veyron

Masih ada langit di atas langit. Di atas sesuatu yang hebat, pasti ada yang lebih hebat. Itu pula yang kini harus dipahami Bugatti. Sebab, Weber, pabrikan mobil asal Swiss, telah berhasil memberikan pesaing kuat bagi Veyron yang diklaim tercepat di dunia.

Tahun lalu Bugatti mengumumkan bahwa Veyron mampu melesat hingga 407 km/jam. Keluaran tenaga maksimalnya pun mencapai 1.001 hp. Pabrikan sportscar lain pun tercengang. Terdiam sejenak untuk kemudian mencoba menyaingi.

Weber jadi yang pertama melawan. Weber Sportscar Faster One menghapus senyum di wajah Veyron dengan laju maksimal mencapai 420 km/jam! Padahal, tenaga dorongannya hanya 900 hp. Lebih rendah daripada Veyron. Apa yang membuatnya lebih cepat?

Jawabannya ada pada desain bodi yang sangat aerodinamis. Lupakan keseksian tubuh seperti milik Veyron. Weber bekerja sama dengan sebuah sekolah desain di Swiss untuk menciptakan bodi dengan aerodinamika sekelas mobil balap. Licin dan lembut di jalan.

Tinggi mobil hanya 115 cm. Didesain khusus untuk menekan downforce dan melaju stabil. Garis bodi menyudut dari depan dan terkesan tegas. Menukik perlahan ke atas dan membentuk lengkungan huruf V di atap. Bagian bawah bodi diselesaikan dengan tetap mempertahankan aerodinamika. Melengkung ke belakang berakhir di dua pipa segi empat jalur gas buang.

Tak terlihat pegangan pintu pada Faster One. Ini sengaja dibuat demikian untuk menambah kesan polos. Tekan tombol di kunci kontak dan pintu gunting bergaya Lambo akan terbuka.

Faster One juga memiliki sistem sayap serupa Veyron. Terkendali secara otomatis. Saat pedal gas ditekan, sayap membentuk sudut untuk memberikan downforce maksimal. Namun, seketika akan berubah pada posisi vertikal 20 detik setelah pedal rem diinjak kuat. Fungsinya, mengurangi beban cakram penghenti laju kendaraan.

Kendaraan berbobot hanya 65 kg itu memiliki sistem kontrol traksi yang aktif. Mampu mencapai 100 km/jam hanya dalam 2,5 detik dan 14 detik berikutnya meraih 300 km/jam. Sistem pengeremannya juga mumpuni. Mampu membuat mobil berhenti dari kecepatan 100 km/jam hanya pada jarak 30 meter.

Sulit memungkiri kehebatan fitur Faster One. Itulah mengapa kendaraan seperti ini punya banderol selangit. Harga jualnya mencapai USD 1,5 juta atau setara Rp 14,2 miliar!

Tidak ada komentar: